Gerhana Matahari 15 Januari 2010

Ada kabar hot nih bro, gerhana matahari cincin bakal ada lagi tanggal 15 Januari Januari nanti, uniknya ini adalah gerhana matahari terlama di Millenium ini. Gerhana akan terjadi selama kurang lebih 11 menit 8 detik. Di India sendiri gerhana ini akan berlangsung pukul 11.00 pagi hingga pukul 15.00 sore,” ujar Asosiasi Astronom Ajay Talwar, seperti dikutip melalui Space Daily, Senin (11/1/2010).

Menurut Talwar, sepanjang tahun 2001 hingga tahun 3000 mendatang, tidak akan ada lagi gerhana matahari dengan kurun waktu terlama seperti ini, bahkan hingga empat jam lamanya.

“Gerhana tersebut akan terlihat pertama kali di Wilayah Selatan Kanyakumari di Tamil Nadu, lalu melewati Rameshwaram dan Dhanushkodi. Di tempat itu pula gerhana matahari akan terlihat lebih bagus. Setelah itu, gerhana akan berlanjut ke Kerala dan berakhir di Mizoram,” ujar Talwar.

Selain wilayah-wilayah tersebut, penduduk India di belahan wilayah lainnya tidak akan terlalu mendapatkan pemandangan gerhana yang jelas.

Menurut situs NASA, pada 15 Januari matahari akan terlihat memutar, dimulai dengan menyambangi benua Afrika terlebih daulu, melewati Chad, Afrika, Kongo, Uganda, Kenya dan Somalia.

“Setelah meninggalkan Afrika, gerhana tersebut akan melewati Lautan India dengan durasi maksimum sekira 11 menit 8 detik. Setelah itu, perjalanan gerhana akan dilanjutkan ke Bangladesh, India, Myanmar dan China,” tambahnya.

Diungkapkannya, gerhana matahari tersebut akan melewati banyak wilayah berbeda dengan durasi yang semakin lama semakin berkurang.

“Di wilayah Rameshwaram, gerhana matahari akan berlangsung selama 10 menit 8 detik, dilanjutkan ke Kanyakumari dengan durasi yang berkurang menjadi sekira sembilan menitan, begitu seterusnya,” tandas Talwar.

Source:Okezone

Iklan

Satu Tanggapan

  1. Indahnya gerhana matahari cincin pertama di tahun 2010 kmrn….
    Walau hanya menyaksikan berita dan cuplikan shoot-nya, namun benar-benar membuat kagum dan takjub melihat fenomena alam tersebut. Seakan-akan hendak menunjukkan dan mengingatkan kita, umat manusia, akan keagungan Sang Pencipta.
    Buat Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: